Berita

SANTRI SEHAT GENERASI KUAT " PENYULUHAN PHBS & MENCEGAH DBD DI PONPES AT-TAMIMY"
Image 3

SANTRI SEHAT GENERASI KUAT " PENYULUHAN PHBS & MENCEGAH DBD DI PONPES AT-TAMIMY"

Ponpes Attamimy   bekerja sama dengan UPT BLUD Puskesmas Praya mengadakan beberapa kegiatan diantaranya penyuluhan kesehatan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Penyuluhan tentang Demam berdarah (DBD) Jumat, (14/06/2023).  kegiatan penyuluhan ini  dilaksanakan bertepatan dengan Masa Ta’aruf Santri Baru  Yasayan Pondok Pesatren At-Tamimy  Berangsak Praya.

Kegiatan tersebut difokuskan di ruang aula Ponpes At-Tamimy  diikuti oleh para santri  baru  untuk kegiatan penyuluhan  PHBS dengan narasumber Tri Harmiati, SKM, dan untuk kegiatan Penyuluhan Mencgah Demam Berdarah (DBD)  dengan narasumber Syamsudin , Amd,Kep.

Dalam penyuluhan yang berdurasi sekitar 45 menit itu,  menjabarkan poin-poin penting terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta beberapa hal yang terkait  bagaimana cara mencegah DBD dengan  3M Plus

Menurutnya ada delapan indikator yang menunjukkan sekolah sudah melaksanakan perilaku PHBS, yakni terealisasinya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengonsumsi jajanan sehat, menggunakan toilet bersih dan sehat, olahraga yang teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merorok di lingkungan sekolah serta membuang sampah pada tempatnya.

PHBS penting dilakukan terutama pada anak-anak. “Perilaku hidup sehat akan lebih mudah diterapkan pada usia dini karena untuk mengubah suatu kebiasaan itu dibutuhkan waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Di akhir penyuluhan, naras umber  menghimbau kepada para santri baru yang akan tinggal di pondok agar senantiasa berperilaku bersih dan sehat di mana saja. “Bersih itu adalah sebagian dari iman dan sehat merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan,” pungkasnya.



Related Posts: