Berita

MINI PROJECT DOKTER INTERNSHIP " KEREN SERU MENGAPLIKASIKAN PHBS DI SEKOLAH DENGAN BERMAIN GAME "
Image 3

MINI PROJECT DOKTER INTERNSHIP " KEREN SERU MENGAPLIKASIKAN PHBS DI SEKOLAH DENGAN BERMAIN GAME "

Untuk melibatkan peran serta aktif anak didik di sekolah guna bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalakanan kegiatan belajar di sekolah dan tetap menjalankan  PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Tim UKS bersama  dokter internship melakukan kunjungan ke sekolah dengan kegiatan PHBS Tatanan Sekolah, menggunakan  aplikasi Game dengan kegiatan tersebut bertujuan supaya murid terlibat langsung dan bisa memainkan peran masing-masing sesuai dengan  indikator PHBS tanan Sekolah yang tertera di kartu Game sehingga lebih mudah untuk difahami dan selanjutnya  mampu merubah perilaku hidup bersih dan sehat. 

PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Karena terdiri dari sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Indikator PHBS di sekolah 1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun 2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah 3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat 4. Olahraga yang teratur dan terukur 5. Memberantas jentik nyamuk 6. Tidak merokok di sekolah. 7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan 8. Membuang sampah pada tempatnya




Related Posts: