Berita

KEGIATAN PRA SURVEI e - SMD TAHUN 2024
Image 3

KEGIATAN PRA SURVEI e - SMD TAHUN 2024

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas disebutkan bahwa SMD merupakan salah satu proses dalam siklus manajemen Puskesmas.  SMD diperlukan untuk melaksanakan tahapan perencanaan Puskesmas yang berkualitas dengan mengedepankan kebutuhan dan harapan masyarakat sebagai sasaran pelayanan kesehatan. Oleh karena peran SMD sangat penting, maka UPT BLUD Puskesmas Praya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan SMD setiap tahun. 

Survei Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan penanganan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan oleh tokoh masyarakat dan kader kesehatan setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan yaitu Penagnggung Jawab Program Promkes   dan Bidan desa atau Pustu di 9 kelurahan wilayah kerja Puskesmas Praya. 

Sebelum  melakukan survey di masyarakat,  dilakukan  kegiatan berupa pertemuan pra survey yang dihadiri oleh  kader dan tokoh masyarakat untuk menentukan jumlah sasaran survey, untuk kegiatan SMD di UPT BLUD Puskesmas Praya, diman  tiga tahun terakhir dilakukan survei secara digital yaitu  e -SMD  (Elektonik SMD) dengan menggunakan Goggle form sesuai dengan pertanyan yang ada di format kuisioner manual.

  



Adapun Tujuan dari SMD  adalah :

  1.   Pengumpulan data, masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku;
  2.   Mengkaji dan menganalisis masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku yang paling menonjol di masyarakat;
  3.   Mengiventarisasi sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan;
  4.  Diperoleh dukungan dari kepala desa/kelurahan dan pemuka masyarakat dalam pelaksanaan penggerakan dan pemberdayaan         masyarakat di Desa Siaga.
  5.  Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang     dihadapi. 
  6.  Masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri, 
  7.  Timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan dan pentingnya masalah tersebut segera diatasi,     serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki.
  8.  Hasil SMD Puskesmas kemudian akan menjadi dasar untuk   menyusun pemecahan masalah yang dihadapi.

Related Posts: