Berita

BERALIH KE REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) PELAYANAN DI PUSKESMAS MENJADI CEPAT, MUDAH DAN EFESIEN
Image 3

BERALIH KE REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) PELAYANAN DI PUSKESMAS MENJADI CEPAT, MUDAH DAN EFESIEN

Puskesmas sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan dasar kepada masyarakat memainkan peran yang krusial. Untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan, kita menyaksikan adopsi Rekam Medis Elektronik (RME) yang membawa perubahan yang berdampak pada pengunjung puskesmas  memperoleh pelayanan yang cepat, mudah dan efesien serta memudahkan pekerjaan bagi para medis. 

Dengan menggantikan sistem manual berbasis kertas, RME memungkinkan puskesmas menyimpan data medis pasien secara efisien. Hal ini tidak hanya menghilangkan kerumitan dalam pengaturan, tetapi juga mengamankan data yang seringkali rentan hilang atau rusak. Keberadaan RME memastikan data medis dapat diakses, dikelola, dan diperbarui dengan mudah oleh tenaga medis yang berwenang, memberikan dasar yang kokoh untuk pengambilan keputusan yang lebih akurat.

Kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja UPT BLUD Puskesmas Praya semenjak menggunkan aplikasi RME Sebagai fungsi yang memberikan masyarakat fasilitas kesehatan, dengan tetap memperhatikan standar mutu pelayanan mulai dari yang umum hingga pelayanan teknis. Dengan menerapkan Rekam Medis Elektronik yang sudah diwajibkan oleh pemerintah, Puskesmas secara langsung ikut berpartisipasi dalam misi pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan. 

Adapun manfaat RME bagi Puskesmas sebagai Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) :

1. Secara administratif, rekam medis elektronik bermanfaat karena dapat digunakan sebagai gudang elektronik untuk menyimpan informasi tentang status kesehatan pasien dan layanan kesehatan yang mereka terima sepanjang hidupnya. Dalam hal ini, fasyankes akan menghemat banyak ruang untuk menyimpan dokumen penting.

2. Efesiensi pengeolaan data pasien akan semakin meningkat dengan aksesibilitas yang diberikan oleh sistem RME.

3. Dengan menerapkan sistem RME, kendala miss-input dalam aktivitas penginputan data pasien akan semakin diminimalisir. Fitur Sistem RME memungkinkan  untuk mengurangi kesalahan data, sehingga tidak ada tindakan yang tidak efektif terjadi pada pelaksanannya

4. Penerapan Sistem RME dapat menekan biaya operasional Fasyankes. Tidak perlu lagi kertas-kertas guna pencatatan dan lemari penyimpanan dokumen. Semua data pasien tersimpan dalam satu penyimpanan elektronik yang aman dan terjaga

5. Pasien akan mendapatkan pelayanan medis yang lebih cepat dan mudah dengan rekam medis elektronik. Mereka tidak perlu khawatir tentang keterlambatan dalam pengiriman data pasien, yang dapat menyebabkan penundaan layanan.

              



Related Posts: