Berita

PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) KINI ANCAM USIA MUDA
Image 3

PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) KINI ANCAM USIA MUDA

Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang saat ini menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penderita PTM di UPTD BLUD Puskesmas Praya terutama penyakit DM dan Hipertensi dari waktu ke waktu semakin bertambah. Oleh sebab itu salah satu upaya UPTD BLUD Puskesmas Praya untuk meningkatkan kualitas hidup para penderita PTM agar lebih optimal yaitu dengan mengadakan kegiatan   Posbindu PTM

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi diri dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor resiko PTM, meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan tidak sehat, kurang aktifitas, obesitas, stress, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merunjuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok PTM utama adalah Diabetes Mellitus, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru abstruktuf kronis, dan gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan.

Masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini adalah makin meningkatnya kasus PTM. PTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit konis degenerative, antara lain penyakit jantung, diabetes mellitus, kanker, Salah satu strategi dalam meningkatkan pembangunan kesehatan adalah pemberdayaan masyarakat dan peningkatan peran masyarakat termasuk dunia usaha. Masyarakat diberi fasilitas dan bimbingan dalam mengembangkan wadah untuk berperan, dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk mengenali masalah di wilayahnya, mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahannya sendiri berdasarkan prioritas dan potensi yang ada.Dalam menentukan prioritas masalah, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menilai kegiatan, masyarakat perlu dilibatkan dengan maksimal, sehingga solusi masalah lebih efektif dan dapat menjamin kesinambungan kegiatan.

Upaya pengendalian PTM dibangun berdasarkan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap ancaman PTM merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan, diselenggarakan berdasarkan permasalahan PTM yang ada dimasyarakat dan mencakup berbagai upaya promotif dan preventif serta pola rujukannya.Adapun sasaran utama adalah kelompok masyarakat, beresiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.




 

Related Posts: