Berita

ANC TERPADU PASTIKAN IBU MELAHIRKAN DENGAN AMAN, BAYI LAHIR SEHAT DAN SELAMAT
Image 3

ANC TERPADU PASTIKAN IBU MELAHIRKAN DENGAN AMAN, BAYI LAHIR SEHAT DAN SELAMAT

Program  ANC terpadu yang  dilaksanakan di UPT BLUD Puskesmas Praya bertujuan untuk mendaptkan ANC ter standart bagi ibu hamil  yaitu dengan memberikan  pelayanan  10 T ANC  yang meliputi : 

  1.  Timbang BB & TB                  
  2.  Tekanan Darah (TD)                   
  3.  Tentukan Status gizi (LILA)        
  4.  Tinggi Fundus Uteri(TFU)         
  5.  Tentukan PresentasiJanin(DJJ)    
  6.  Tetanus Toxoid (TT)                      
  7.  Tablet FE                                       
  8.  Tes Lab                                          
  9.  Tata LaksanaKasus                 
  10.  Temu Wicara

Pemeriksaan ANC terpadu di Puskesmas Praya  tidak dipungut biaya bagi seluruh ibu hamil yang ber KTP dan berdomisili di 9 kelurahan wilayah kerja puskesmas Praya, ANC terpadu adalah Antenatal Care (perawatan kesehatan selama kehamilan) yang dilakukan secara terpadu oleh para professional kesehatan. Profesional kesehatan yang terlibat dalam program ini adalah dokter umum, dokter gigi, bidan, dan  Ahli Teknologi laboratorium Medik (ATLM).

Pelaksanaan kegiatan ANC terpadu dilaksanakan di Polindes sesuai dengan jadwal kunjungan yang telah disusun oleh bidan koordinator puskesmas.  Kegaiatan ANC terpadu ini  bertujuan untuk memantau kesehatan ibu selama kehamilannya dan kesehatan bayi dalam kandungan dengan harapan ibu hamil selalu sehat, melahirkan dengan lancar dan selamat, bayi pun lahir dengan sehat dan selamat. Program ANC terpadu juga bertujuan menurunkan angka kematian ibu dan bayi lahir



Related Posts: